Uncategorized

3 Tips Mengamankan Data Handphone Anda !

Memiliki handphone dan sejuta fitur nya memang memanjakan penggunanya ya, tetapi penggunaan handphone bisa menjadi buah simalakama untuk kita bila kita tidak berhati hati menggunakan dan menjaga nya. Alih alih berguna, malah menjadi petaka bagi kita. Contoh nya sekarang marak terjadi pencurian data yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab yang bisa merugikan kita.

Gunakan kode PIN / kunci tombol

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa 54% pengguna ponsel cerdas di AS tidak mengatur keamanan kata sandi pada ponsel – baik saat dihidupkan atau dibangunkan dari standby. Alasan untuk melakukannya jelas – jika telepon hilang, dicuri, atau dibiarkan begitu saja, siapa pun yang mengambilnya akan memiliki akses tidak terbatas. Ini dapat melibatkan data yang dicuri, panggilan telepon yang dibuat atau layanan yang tidak diinginkan sedang didaftarkan, dan dapat mengakibatkan biaya keuangan yang cukup besar.

Ada sejumlah cara untuk melindungi ponsel cerdas. Sebelum pembahasan lebih lanjut, kalian harus melihat harga oppo a5s yang terbilang cukup terjangkau untuk dibeli dan lumayan aman bagi penggunaan nya. Banyak ponsel baru menawarkan “kunci pola” – bentuk atau pola yang dipersonalisasi yang digambar di layar untuk memberikan akses, dan ini seringkali lebih cepat dan lebih mudah daripada memasukkan kata sandi. Atau, kode PIN menawarkan alternatif numerik untuk kata sandi standar dan juga dapat menghemat waktu. Jelas kata sandi yang mudah ditebak kurang aman – jadi hindari “1234”, “kata sandi” dan frasa umum lainnya.

Kunci layar berguna tetapi tidak akan menghentikan seseorang mengeluarkan kartu SIM Anda dan menggunakannya di ponsel lain. Untuk mencegah hal ini terjadi, atur kunci kartu SIM dalam bentuk nomor PIN yang perlu dimasukkan ketika telepon dihidupkan untuk menghubungkan ke jaringan.

Dengan kedua langkah pengamanan ini, Anda setidaknya dapat merasa aman karena mengetahui bahwa jika telepon dicuri, itu akan sangat sedikit gunanya bagi pencuri biasa.

Lindungi data sensitif

Meskipun entri PIN dan kunci kata sandi biasanya yang Anda perlukan untuk melindungi ponsel beberapa tahun yang lalu, hari-hari ini Anda secara efektif membawa komputer mini dengan penyimpanannya sendiri – yang seringkali mudah dilepas – penyimpanan. Mencegah seseorang untuk mengaktifkan ponsel tidak lagi memadai, karena terlalu mudah untuk mengambil data hanya dengan mencolokkannya ke komputer atau mengeluarkan kartu microSD.

Karena itu, melindungi data sensitif yang dapat disimpan ke penyimpanan internal adalah suatu keharusan, dan untungnya ada sejumlah solusi yang tersedia. Sebagian besar platform ponsel cerdas menawarkan perangkat lunak yang dapat mengenkripsi file atau folder pada perangkat dengan perlindungan standar industri, yang berarti kode harus dimasukkan sebelum file dapat dilihat atau disalin. Ini juga berlaku untuk informasi seperti kata sandi, detail login, nomor akun dan informasi lain yang dapat disimpan untuk akses ke bank atau pedagang online. Memastikan bahwa informasi semacam ini tidak mudah diakses jelas penting, dan akan bijaksana untuk menginstal perlindungan tersebut dan menggunakannya sebagai praktik umum.

Banyak dari perangkat lunak ini yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis dan dapat bekerja secara efektif dengan telepon Anda untuk memberikan perlindungan otomatis dan tanpa batas, sehingga sangat sedikit kerumitan yang terlibat begitu perangkat ini aktif dan berjalan.

Selain perangkat lunak semacam ini, beberapa vendor keamanan merekomendasikan agar data sensitif disimpan dari jarak jauh di server online yang aman, bukan di ponsel itu sendiri. Ini berarti bahwa tidak hanya tidak ada data fisik pada ponsel yang dapat diakses, tetapi jika perangkat genggam hilang atau dicuri, mudah untuk mengubah detail login untuk server atau menghapus data sekaligus.

Awasi Jaringan Wireless/Nirkabel Anda

Sebagian besar smartphone sekarang memiliki opsi untuk terhubung ke jaringan nirkabel – baik router di kantor atau di rumah, atau hotspot nirkabel saat bepergian. Memilih nirkabel sering kali bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan atau menghemat biaya penggunaan data, sehingga mudah untuk melihat mengapa banyak yang lebih suka jika tersedia. Perangkat apa pun yang diaktifkan untuk mengirim data melalui gelombang udara adalah masalah keamanan potensial, tetapi untungnya ponsel modern siap untuk membantu Anda mengurangi risiko ini.

Hal pertama yang harus diingat adalah selalu mematikan koneksi nirkabel saat tidak digunakan. Selain membantu Anda menghemat daya baterai, memastikan pihak jahat tidak dapat terhubung ke perangkat tanpa sepengetahuan Anda. Sebaiknya telusuri melalui pengaturan keamanan jaringan ponsel karena dapat dikonfigurasi untuk terhubung secara otomatis ke jaringan saat berada dalam jangkauan.

Hotspot nirkabel dan jaringan yang tidak dikenal sejauh ini merupakan risiko terbesar ketika menggunakan konektivitas ini – dengan asumsi tentu saja, bahwa router nirkabel yang lebih umum diakses di rumah atau kantor cukup dilindungi oleh kode sandi.

Ancaman umum (yang relatif) yang menyebar ke jaringan nirkabel dan hotspot yang tidak dikenal disebut serangan “kembar jahat”. Di sini pihak jahat mungkin menawarkan akses ke koneksi nirkabel yang sangat mirip hotspot yang sah dari perusahaan besar. Jika pengguna secara tidak sengaja terhubung ke “hotspot” ini, mereka dapat menemukan permintaan kata sandi, detail login dan informasi lain yang kemudian dapat direkam dan digunakan untuk mengakses akun mereka di tahap selanjutnya. Jika sedikit perhatian diambil, biasanya tidak terlalu sulit untuk menemukan upaya ini, dan tentu saja setiap permintaan informasi yang tampaknya tidak sepenuhnya sah dan tipikal harus diabaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *