otomotif

Jangan Salah Pilih, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Beli Motor Bekas

Membeli motor bekas menjadi salah satu opsi untuk mendapatkan motor dengan harga murah. Selain harganya yang relatif terjangkau, biasanya konsumen bisa membeli motor tersebut dengan cara kredit. Karena zaman sekarang dealer motor bekas sudah bekerja sama dengan berbagai macam leasing.

 

Walaupun telah dipermudah dari sisi pembayaran, Agan dan Sista kudu pintar juga untuk memilah mana motor yang kondisinya masih oke dan mana yang standar. Bukannya gak percaya ama barang yang dijual ama dealer, tapi yang namanya motor bekas kemungkinan kondisinya tidak bagus cukup besar Gan.

Nah, biar Agan dan Sista gak salah pilih ketika mau beli motor bekas, berikut Ane ada beberapa cara yang harus jadi konsen Agan dan Sista dalam memilih motor bekas:

Cek Oli Mesin

Saat memilih motor bekas, Agan dan Sista jangan langsung nyalain mesin motor. Alangkah baiknya sebelum dinyalain, kalian cek terlebih dahulu oli mesin. Biasanya dealer motor bekas yang jail, suka ngasih sesuatu yang bisa bikin suara mesin jadi terdengar lebih halus. Agan juga harus ngecek apakah oli mesin diberikan secara belebihan atau tidak.

Waktu Servis dan Kilometer

Wajib hukumnya Agan dan Sista untuk mengetahui rekam jejak servis motor bekas yang ingin kalian beli. Rekam jejak ini bisa menjadi penilaian tersendiri terhadap kondisi motor. Selain waktu servis, kilometer motor juga jadi fokus kalian. Apabila kilometer rendah, kemungkinan kondisi motor masih bagus. Tapi jangan hanya terpatok ama kilometer ya Gan, soalnya banyak juga dealer yang curang ama kilometer motor.

Cek Kelistrikan

Untuk mengecek kondisi motor masih oke atau tidak, Agan dan Sista melakukan uji kelistrikan motor. Kalian bisa cek semua part yang membutuhkan listrik, seperti klakson, sein, dan elektrik starter. Jangan lupa cek kondisi aki Gan. Apabila kalian menemukan serbuk putih di kutub baterai, maka aki tersebut kemungkinan sudah lemah dan butuh diganti dengan yang baru.

Originalitas Sparepart dan Uji Jalan

Agan dan Sista bisa ajak orang yang kompeten tentang mesin untuk mengetahui sparepart yang digunakan motor bekas asli atau tidak. Soalnya gak ada jaminan pemilik sebelumnya selalu mengganti sparepart motor dengan yang asli.

Untuk lebih jelas lagi kondisi mesin motor bekas yang ingin Agan dan Sista beli, kalian bisa minta waktu ke dealer untuk melakukan uji jalan. Sebelum uji jalan, pastikan semua komponen motor aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *