lifestyle tips

Ini dia Komponen penting makanan untuk ibu hamil !

Wanita hamil memiliki risiko tinggi mengalami hemoglobin rendah (Hb), juga disebut anemia. Diperkirakan sekitar 40% wanita hamil di seluruh dunia mengalami defisiensi Hb. Karena itu, makanan penambah Hb untuk wanita hamil harus dikonsumsi selama kehamilan.

Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Pada wanita dewasa, kadar hemoglobin normal dalam tubuh bervariasi dari 12 hingga 16 g / dL.

Sementara pada wanita hamil, kadar Hb yang turun hingga 10,5 g / dL masih dianggap normal jika tidak ada keluhan atau gejala anemia. Anemia ringan ini terjadi karena tubuh wanita hamil menghasilkan lebih banyak plasma darah, sehingga konsentrasi sel darah merah berkurang.

Mengurangi jumlah hemoglobin pada wanita hamil lebih berisiko jika ada beberapa kondisi di bawah ini:

Kekurangan asupan zat besi, folat atau vitamin B12
Berisi kembar
Anda sudah menderita anemia sebelum hamil.
Jarak ke kehamilan sebelumnya sudah dekat.
Usia wanita hamil masih remaja.
Muntah sering karena mual di pagi hari.
Pendarahan dalam jumlah besar

Dampak anemia pada wanita hamil

Anemia ringan selama kehamilan diklasifikasikan sebagai normal dan jarang menyebabkan gejala. Namun, anemia berat yang tidak diobati pada wanita hamil, mungkin memiliki risiko tinggi, menimbulkan sejumlah komplikasi, seperti:

Bayi lahir prematur.
Bayi dilahirkan dengan berat badan lebih sedikit.
Bayi dilahirkan dengan cacat lahir dan kelainan perkembangan.
Bayi meninggal sebelum atau setelah lahir.
Ibu dan bayi lebih rentan terhadap infeksi.
Ibu mengalami pendarahan postpartum.
Ibu menderita depresi pascapersalinan.

Untuk mencegah terjadinya beberapa masalah kesehatan ini, wanita hamil harus memberikan nutrisi yang cukup melalui konsumsi makanan tambahan Hb.

Nutrisi untuk meningkatkan Hb pada wanita hamil

Makan makanan yang meningkatkan Hb untuk wanita hamil dan suplemen untuk wanita hamil adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi anemia selama kehamilan. Ada beberapa jenis nutrisi yang meningkatkan Hb untuk ibu hamil, yaitu:

Besi

Wanita hamil perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, karena zat ini merupakan bahan baku utama bagi tubuh untuk memproduksi hemoglobin. Kebutuhan zat besi harian yang disarankan untuk wanita hamil adalah 27 mg per hari. Pada trimester ketiga kehamilan, kebutuhan zat besi ini meningkat hingga 40 mg per hari.

Makanan yang meningkatkan Hb untuk wanita hamil kaya zat besi termasuk daging merah, telur, sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, tahu, kacang polong, biji-bijian dan makanan laut.

Agar tubuh menyerap zat besi secara maksimal, wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C, seperti buah jeruk, kiwi, tomat, dan stroberi. Selain vitamin C, makanan yang kaya akan vitamin A, seperti wortel, mangga, dan ubi, juga bisa membantu menyerap zat besi.

Selain itu, hindari kopi, teh, atau minuman beralkohol, karena minuman ini dapat mengurangi penyerapan zat besi oleh tubuh.

Asam folat

Selain baik untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi, asam folat juga membantu tubuh membuat sel darah merah. Wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 400-600 mikrogram (mcg) asam folat per hari.

Makanan yang meningkatkan kadar Hb untuk wanita hamil yang kaya asam folat termasuk daging, kedelai, kacang polong, bayam, brokoli, jeruk, bit, anggur, lemon atau jeruk, pepaya, pisang, telur, dan alpukat.

Vitamin B12

Seiring dengan asam folat, vitamin B12 berfungsi untuk mendaur ulang sel darah merah lama yang telah rusak dan menghasilkan sel darah merah baru. Jika asupan vitamin B12 hilang, tubuh mungkin mengalami kekurangan Hb. Wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi 2,6 mcg vitamin B12 setiap hari.

Makanan yang kaya akan vitamin B12 adalah jeruk, kacang polong, kedelai, sayuran hijau, gandum, daging, bayam, gandum, telur, susu, dan sereal yang diperkaya dengan vitamin B12.

Dengan mengonsumsi berbagai makanan yang menaikkan Hb di atas, diharapkan dapat meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh ibu hamil. Selain itu, wanita hamil juga dianjurkan mengonsumsi suplemen untuk kehamilan yang mengandung banyak zat besi dan asam folat.

Untuk memantau kecukupan gizi dan kondisi kesehatan ibu hamil dan janin, pemeriksaan kehamilan secara teratur harus dilakukan, terutama jika ibu hamil memiliki kondisi medis tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *